Lakukan Hal Ini Agar Anak Anda Hafal Al-Quran

Apakah anda takjub melihat anak kecil dapat menghafal Al-Quran? Apakah anda sering menangis mendengar anak kecil melafalkan bacaan Al-Quran dengan lancar? Jika iya, tentu anda senang bukan,jika suatu saat nanti anak anda hafal Al-Quran dan menjadi hafidzh.

Nah, yang membuat penasaran adalah bagaimana anak-anak yang masih belia tersebut dapat dengan mudah menghafal Al Quran.

Hemmmmm….orang tua mana sih yang tidak ingin anaknya menjadi anak yang soleh dan solehah. Dan bagi anda yang beragama Islam, saya yakin anda juga sepakat bahwa dengan membaca dan memahami Al-Quran dengan benar, maka anak kita akanmemiliki karakter yang sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad.

So, Pipi Mimi, kali ini saya akan berbagi tips agar anak anda hafal Alquran. Ok, lets disuss it.

Persiapan Penting Sebelum Anak Anda Hafal Al-Quran

persiapan penting sebelum hafalan alquran

Yang pertama, luruskan niat dan Pipi dan Mimi bahwa anda ingin agar anak anda dapat menghafal Al-Quran semata-mata karena niat beribadah kepada Allah. Bukan untuk dipamerkan kepada orang tua yang lain,atau kepentingan duniawi lainnya. Niatkan pula bahwa keluarga anda ingin bersama-sama belajar memiliki iman yang teguh dan akhlak mulia sebagamana yang dicontohkan Al-Quran.

Yang kedua, berikan penekanan pada hati dan pikiran anda bahwa selain menghafal Quran yang terpenting adalah mengamalkan kandungan Al-Quran tersebut. Karena faktanya banyak orang yang bisa menghafal Al-Quran namun tidak memiliki akhlak yang diperintahkan oleh Al-Quran.

Yang ketiga, mulailah mengajarkan Al-Quran pada anak anda sejak dia berada dalam kandungan. Utamanya saat si jabang bayi mulai memasuki umur 7 bulan karena pada saat itulah kemampuan mendengarnya mulai berfungsi. Mulailah melakukan rutinitas membaca Al-Quran sehabis salat. Lebih disarankan agar Mimi yang sering membaca karena anda yang mengandung anak anda. Loh, apa hubungannya? Saat Mimi hamil, otak si Mimi itu terhubung langsung dengan si kecil, sehingga ada seperti ada sinyal antara anda dengan buah hati anda. Sehingga akan lebih memudahkan bayi untuk mengerti perasaan dan pikiran anda. Bagaimana dengan si Pipi? Nah kalau Pipi malah juga harus mendukung, caranya adalah bacakan ayat Al-Quran di dekat kandungan si Mimi. Jangan hanya meletakkan murottal Quran yang ada di handphone. Tujuannya adalah agar anak anda juga mengetahui suara ayahnya, dan tentu insya Allah dia akan sadar apabila orang tuanya tunduk pada Allah, maka insya Allah dia memiliki juga keingininan untuk patuh terhadap agama Allah…Amien.

Tumbuhkan Kebiasaan Positif Agar Anak Anda Hafal Al-Quran

kebiasaaan positif hafal alquran

Yang pertama, setelah anak anda lahir, lanjutkan aktivitas yang sama untuk merutinkan membaca Al-Quran. Caranya adalah bacalah Al-Quran disamping anak anda. Bacalah ayat-ayat pendek secara berulang-ulang dan teratur. Sebagai contoh pada umur 1 bulan bacalah surat Al-Fatihah di sampingnya. Usahakan agar suara tersebut mampu didengar oleh anak anda, artinya jangan terlalu jauh maupun dekat. Bacalah dan buatlah anak anda nyaman dengan bacaan Al-Quran anda. Setidaknya anda bisa membacakan surat tersebut 5 kali sehari.  Begitupun bulan berikutnya ganti dan variasikan surat-surat pendek untuk dibacakan padanya. Lihatlah nanti, anda akan terkejut dengan kemampuan anak anda untuk melafalkan Al-Quran

Yang kedua, jangan pernah memaksakan mengajarkan dan menyuruh anak anda menghafalkan Al-Quran. Lakukan secara natural dan melalui kebiasaan. Sekali lagi melalui kebiasaan atau habit. Sebagai contoh buatlah kebiasaan anda mengajak istri dan anak anda (walaupun masih kecil) mengaji secara bersama-sama, lebih bagus jika anda mempunyai waktu bersama-sama setiap selesai solat 5 waktu. Jika tidak bisa anda bisa menggunakan waktu menjelang malam hari yakni setelah salat Magrib. Menanamkan kebiasaan adalah hal yang paling sulit dilakukan, oleh karena itu anda harus menjadi model bagi anak anda.

Yang ketiga, saat anda mengajak anak anda jalan-jalan atau pada waktu bersantai di rumah, ajaklah anak anda bermain. Sesekali sambil anda melafalkan Al-Quran. Kemudian samar-samarkan bacaan Al-Quran tersebut, dan lihatlah responnya. Saya yakin anak anda yang terbiasa anda ajak mendengarkan Al-Quran akan mulai sedikit demi sedikit melafalkan Quran

Yang keempat, saat kemampuan membacanya mulai terlihat. Ajarkanlah secara rutin untuk membaca Al-Quran. Nah, khusus bagi Pipi Mimi yang mungkin merasa kurang memiliki keahlian membaca atau menghafalkan Al-Quran. Saran saya carilah guru mengaji yang baik. Selalu diskusikan perkembangan mengaji anak anda dengan gurunya tersebut.

Yang kelima, walaupun anda menyerahkan urusan belajar mengaji kepada guru. Jangan sampai anda meninggalkan rutinitas mengaji bersama-sama setelah solat. Seperti yang saya sampaikan di atas, carilah satu waktu, pada saat selesai salat Maghrib misalnya untuk kegiatan keluarga mengaji bersama-sama. Ini penting agar anak tetap  memiliki kebiasaan yang baik. Dan tentu teladan orang tua lebih dibutuhkan daripada kata-katamnya.

Yang keenam, diskusikan makna ayat-ayat Al-Quran tersebut dengan anak dan keluarga anda. Agar mereka mengerti apa dan bagaimana kandungan Al-Quran. Diskusikan dan berikan jawaban yang terbaik. Doronglah rasa keingintahuan anak anda agar ia semakin tertarik membaca Al-Quran.

Yang Ketujuh, ajaklah anak anda dan istri anda ke kegiatan pengajian umum yang diselenggarakan di masjid ataupun di tempat-tempat umum lainnya. Manfaatkan waktu tersebut untuk memberikan waktu yang berkualitas untuk anda dan keluarga anda.

Nah itu dia tips agar anak anda hafal Al-Quran, semoga bermanfaat untuk keluarga Pipi dan Mimi ya? Dan jangan lupa juga ajarkan dan sebarkan artikel ini kepada keluarga, teman, atau  sahabat. Semakin banyak yang hafal Quran  semakin baik bukan? Bukankah  saat anda menyebarkan  kebaikan dan  ilmu agar anak hafal Al-Quran , anda juga juga memperoleh pahala ? So, lets spread  it.

 

Leave a Comment