Cara Membuat Channel YouTube dari Awal Hingga Menghasilkan Uang Secara Rutin

 

cara membuat channel youtube

Bagi penikmat hiburan, YouTube mungkin sekadar tempat mencari konten-konten menarik untuk mengisi waktu luang. Di balik eksistensinya sebagai platform hiburan, YouTube juga bisa menjadi mesin penghasil uang bagi kreator. Lantas, bagaimana cara membuat channel Youtube agar bisa menghasilkan uang?

Sebelum mengetahui cara membuat kanal YouTube, Anda perlu memahami peluang apa saja yang dimiliki oleh platform media sosial yang satu ini.

YouTube yang banyak dipilih sebagai media untuk menyalurkan kreativitas atau demi mendapatkan popularitas, memang potensial untuk mendulang penghasilan lumayan dari internet.

Alhasil, tak sedikit anak muda yang tertarik menjadi kreator YouTube. Bahkan, selebritas pun tak ketinggalan terjun ke dunia YouTube dan meraih banyak keuntungan di sana. Sebut saja Raffi Ahmad, Baim Wong, dan Deddy Corbuzier.

Bukan artis atau ahli, Anda juga bisa memiliki kanal YouTube yang menarik sampai memiliki banyak subscriber dan berhasil mendatangkan pemasukan dari sana. Bagaimana caranya? Artikel ini akan membahas cara membuat channel YouTube dari nol hingga pecah telur.

 

Langkah Pertama Sebelum Membuat Channel Youtube

 

membuat akun google

Sebagai salah satu produk Google, YouTube hanya bisa dimanfaatkan dengan maksimal jika Anda memiliki akun Google. Cara membuatnya sangat mudah, bisa melalui PC/laptop ataupun ponsel.

1. Membuat Akun Google di PC/Laptop

membuat akun google di laptop

 

Membuat akun Google di laptop atau PC sangat mudah. Caranya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke link https://accounts.google.com/signup.
  2. Masukkan data diri yang diminta yaitu nama depan, nama belakang, username, dan password. Gunakan username dan password yang unik agar tidak mudah diretas oleh orang lain.
  3. Sesudah diisi, klik Next, isi informasi tanggal lahir dan jenis kelamin.
  4. Isikan nomor ponsel dan akun recovery untuk pemulihan akun. Ini dapat Anda isi langsung atau biarkan kosong dahulu.
  5. Klik Next Step dan akan muncul kotak dialog berisi syarat ketentuan yang harus Anda baca dan pahami. Setelah itu, klik I Agree.

 

2. Membuat Akun Google di HP Android

membuat akun google di hp android

Jika tidak ada PC atau laptop, Anda juga dapat membuat akun Google dari ponsel Android. Caranya hampir sama dengan di laptop atau PC.

  1. Buka menu Settings atau pengaturan pada HP Android Anda.
  2. Cari menu Account & Sync, pilih Add kemudian pilih simbol Google.
  3. Selanjutnya akan muncul Add a Google Account, pilih New.
  4. Isikan nama depan dan belakang, tekan tanda segitiga ke samping kanan.
  5. Isikan username, kemudian password.
  6. Isi Recovery Information berupa pertanyaan atau email recovery.
  7. Jika setuju dengan syarat dan ketentuan Google, klik tanda panah ke samping kanan.

Cara membuat akun Google tersebut mungkin berbeda untuk beberapa merek dan tipe HP, tetapi secara umumnya sama. Setelah proses tersebut, Google akan memproses permintaan pembuatan akun tersebut dan akan memberikan notifikasi bahwa akun Anda siap digunakan.

Cara Membuat Channel YouTube

cara membuat youtube channel
cara membuat youtube channel dari nol sampai menghasilkan

 

Setelah memiliki sebuah akun Google, lanjutkan dengan membuat channel YouTube.

1. Cara Membuat Channel Youtube di HP

 

membuat channel youtube di hp android

  1. Buka aplikasi YouTube Android, kemudian pilih profil.
  2. Selanjutnya, buat nama channel.
  3. Buat deskripsi. Pada ikon pengaturan pilih ikon pensil. Isikan dengan deskripsi yang singkat dan menarik berisi topik yang akan dibahas di channel Anda.
  4. Jika sudah, ganti gambar profil dan sampul channel. Mengubahnya harus dilakukan melalui browser seperti Chrome atau peramban bawaan HP.

2. Cara Membuat Channel Youtube di Laptop

 

cara membuat channel youtube di laptop

  1. Buka YouTube.com di peramban kemudian login pada pojok sebelah kanan atas. Login dengan akun Google Anda.
  2. Klik ikon berupa gambar profil Anda di sudut kanan atas. Pilih Setting atau pengaturan.
  3. Kemudian akan muncul halaman dashboard, cari Create a New Channel atau buat channel
  4. Isikan nama channel sesuai brand atau nama Anda.
  5. Lakukan verifikasi nomor HP.
  6. Channel sudah siap diisi dengan konten-konten Anda.

Cara Membuat Profil Channel YouTube

 

membuat profile channel youtube

 

Setelah channel jadi, tugas Anda selanjutnya yaitu melengkapi bagian-bagian pada profil agar makin menarik. Berikut ini bagian-bagian yang harus Anda perhatikan.

1. Membuat Nama Channel YouTube

Membuat nama channel YouTube harus cermat. Pasalnya, nama akan menentukan image channel dan memengaruhi kesuksesan kanal ke depannya.

Inilah beberapa tips penting untuk membuat nama channel yang bagus:

  1. Buat daftar topik yang akan Anda bahas dalam channel Ini tentunya setelah Anda menemukan niche untuk channel. Jadi, setelah mendapatkan niche, kira-kira apa saja yang akan Anda suguhkan, apakah itu tutorial, tips dan trik, atau ulasan. Gunakan kata-kata yang mendeskripsikan topik Anda.
  2. Tentukan tujuan Anda membuat channel Nama channel untuk pribadi, perusahaan, atau untuk bisnis pastinya berbeda. Beberapa contoh kreator yang menggunakan namanya sendiri antara lain, Rio Purba dan Nico Julius. Jika ingin menggunakan nama sendiri, pastikan ketika orang mencari nama di kotak pencarian Google, yang muncul adalah channel Anda. Apabila memiliki nama serupa dengan tokoh terkenal seperti Taufik Hidayat, pasti susah memunculkan channel Anda karena tenggelam oleh informasi tentang pesohor tersebut.
  3. Cari daftar nama channel yang menurut Anda. Dengan mengoleksi nama-nama channel tersebut, Anda akan memiliki gambaran.
  4. Berikan kata tambahan yang membuat nama channel Anda unik. Ditambahkan dengan kata yang unik, hasilnya pun menarik. Contohnya, Calon Sarjana, Mancing Mania, Kotak Katik Android, Relax Music, Ruang Bisnis, dan Jendela Tutorial.

Setelah menemukan beberapa opsi nama channel yang cocok, cek ketersediaannya di YouTube dan media sosial. Tujuannya agar jangan sampai ketika orang mengetikkan nama channel Anda, yang muncul justru channel lain.

2. Cara Membuat Logo Channel

 

cara membuat logo channel youtube

Logo channel harus menggambarkan citra yang ingin Anda bangun pada channel atau brand tersebut. Desainnya bebas, Anda dapat memasukkan nama atau inisial channel di dalamnya.

Pastikan tulisan pada logo mudah dibaca dengan cara memilih font yang sederhana dan rapi. Jika ingin logo yang berbasis teks, sebaiknya gunakan satu jenis font saja. Desain logo dan cover bisa dibuat di Canva, Wix, atau Hatchful dari Shopify.

Cara mengganti logo atau gambar profil yaitu:

  1. Masuk ke dashboard channel YouTube Anda.
  2. Kemudian, klik ikon gambar profil Anda di sudut kanan atas, lalu pilih Your Channel.
  3. Setelah itu pilih Customize Channel. Selanjutnya dashboard channel Anda akan terbuka. Klik ikon pensil pada gambar profil Anda untuk mengganti logo.

3. Mengganti Nama Channel Cover Youtube

Agar tampilan channel lebih menarik lagi, jangan lupa ganti channel cover Anda. Cara memasang cover, sama seperti langkah-langkah memasang logo atau gambar profil.

Sampai di dashboard, klik Add Channel Art untuk mengganti cover. Pilih foto dari fail berukuran 2560 x 1440 atau maksimal yang berukuran 6MB.

4. Deskripsi Channel

Deskripsi channel berisi penjelasan singkat tentang channel Anda. Panjangnya maksimal 140 karakter saja. Usahakan memasukkan kata kunci yang Anda bidik di sini.

5. Pengaturan URL

Pengaturan URL bertujuan agar URL channel Anda lebih mudah diingat. Di dalamnya Anda juga dapat memasukkan kata kunci tertarget.

Contohnya:

URL default: www.YouTube.com/channel/GXCUWS9khugabn1ILhxY87J

Diubah menjadi: www.YouTube.com/user/channelanda

Untuk mengubahnya, masuk ke halaman Advanced Account Settings, kemudian klik Create Custom URL. Ganti link sesuai dengan keinginan Anda.

Menyiapkan Video Terbaik untuk Channel Anda

 

menyiapkan video untuk channel youtube

Ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam membuat video terbaik untuk channel Anda. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Memilih Niche Channel

Memilih niche tidak boleh sembarangan agar menarik dan channel Anda bermanfaat bagi penonton. Tidak sekadar minat, Anda perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang niche tersebut. Minat atau hobi yang tidak ditunjang dengan kemampuan luar biasa tentu kurang menarik bagi penonton.

Selain itu, Anda harus memiliki sasaran penonton yang jelas. Untuk siapa konten Anda ditujukan nantinya. Terakhir, lakukan riset sederhana.

Sebelum menentukan niche, ketahui siapa saja pemain dalam niche tersebut, bagaimana konten-konten mereka, berapa banyak subscriber mereka, dan bagaimana cara penyajian kontennya.

2. Membuat Konten Berkualitas

Setelah mendapatkan niche yang ingin Anda masuki, waktunya mempersiapkan konten yang berkualitas. Dari hasil meriset kompetitor, amati, tiru, dan modifikasi caranya. Berikut ini tips membuat konten yang berkualitas:

a. Ide yang Segar

Isi channel dengan konten segar dan orisinal. Boleh mengambil ide dari hasil karya orang lain, tetapi kembangkan dengan kreativitas Anda sendiri dan jangan jiplak mentah-mentah. Berikan keunikan tersendiri sehingga penonton memiliki alasan kuat untuk berlangganan.

b. Ikuti Perkembangan Tren

Ingin menjadi YouTuber profesional, jangan membuat karya yang asal jadi. Ikuti perkembangan konten yang sedang menjadi tren saat ini. Mulai dari jenis video, editing, hingga kecenderungan penonton saat ini.

Dengan mengikuti perkembangan, karya Anda akan mencuri perhatian pengguna YouTube. Misalnya, tren saat ini adalah video bertema talkshow, social experiment, dan cover musik yang memang banyak diminati.

c. Buat Konten Bernilai Positif

Tidak hanya menghibur, konten yang Anda buat pun harus bernilai positif. Ketika konten yang Anda buat bermanfaat dan menginspirasi, pastinya penonton tidak segan-segan membagikannya ke media sosial.

Akhirnya berdampak channel Anda semakin banyak viewers dan subscriber. Hindari membuat konten seperti prank, konten rasis, atau ujaran kebencian.

d. Gunakan Kamera Kualitas Tinggi

Membuat video menggunakan HP dan kamera ataupun handycam menghasilkan video yang kualitasnya berbeda. Dibandingkan HP dan webcam, hasil rekaman dari kamera digital video tentu lebih baik.

Ketika mengambil gambar, pastikan juga pencahayaannya tepat. Jika tidak, hasilnya dapat terlihat gelap, kurang detail, dan tampak buram.

e. Gunakan Musik Latar

Selain beberapa tips di atas, gunakan musik latar yang sesuai dengan suasana pada video Anda. Pilih musik yang bebas hak cipta dan aman digunakan di YouTube. Anda bisa memanfaatkan fitur Library pada YouTube.

f. Masukkan B-Roll

Gunakan B-roll atau footage tambahan untuk dimasukkan ke dalam video Anda. Bisa berupa timelapse, video slow motion, close-up, dan landscape agar video Anda lebih menarik dari sisi sinematografi.

g. Suara Harus Jernih

Pastikan suaranya juga jernih. Anda dapat memilih jenis dan tipe mikrofon yang sesuai bujet seperti clip-on atau shotgun mic. Kuncinya, suara Anda terdengar jelas dan bersih. Audio juga harus mendapat perhatian khusus ketika mengedit. Sesuaikan volume dan hilangkan noise.

Mengedit Video

cara edit video youtube

 

Setelah proses rekaman, bagian penting dalam pembuatan konten selanjutnya yaitu editing. Berikut ini tahapan proses editing video untuk YouTube:

1. Perhatikan Format Video

Konten yang utuh terdiri dari beberapa footage atau rekaman video yang digabung-gabungkan. Jika Anda merekam dengan perangkat berbeda, misalnya ada bagian yang menggunakan handphone lalu sebagian menggunakan kamera, hasilnya tentu format video akan berbeda-beda.

Format semacam itu, biasanya akan menyebabkan munculnya kendala ketika dimasukkan ke dalam aplikasi editing. Untuk mengatasinya, ubah semua format video menjadi mp4.

Jenis format mp4 dapat diterima oleh hampir semua aplikasi editing. Akan lebih baik lagi, jika pengaturan format video sudah dilakukan langsung dari kamera atau HP.

2. Siapkan Perangkat Mengedit

Perangkat terbaik untuk editing video adalah PC, tetapi Anda juga dapat menggunakan laptop dengan spesifikasi tertentu yang memang mumpuni untuk menyunting video.

Jika spesifikasi laptop kurang memadai, performanya bakal lambat dan proses rendering-nya sangat lama. Tentu ini akan menyebabkan laptop panas dan merusak komponen di dalamnya.

a. Mengedit Video Menggunakan PC

Ada banyak software yang bisa digunakan untuk mengedit video, tetapi untuk pemula, inilah beberapa aplikasi yang cukup mudah dipakai.

1. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker kerap dipandang sebelah mata, padahal kinerjanya cukup bagus dan cara menggunakannya juga mudah. Untuk pemula, aplikasi ini sangat direkomendasikan sebelum berpindah ke software level profesional.

Aplikasi ini cocok untuk mengedit video yang tidak membutuhkan teknik-teknik penyuntingan yang rumit. Fitur di dalamnya cukup memadai untuk sekadar menggabungkan beberapa scene dan menambahkan musik latar. Setelah disusun, lakukan proses render, dan video siap diunggah.

2. Wondershare

Selevel lebih tinggi dari Windows Movie Maker, ada Wondershare. Fiturnya lebih lengkap dan juga mudah digunakan.

Selain itu, aplikasi ini juga lebih ringan daripada aplikasi pro seperti Adobe Premiere Pro. Di sini, Anda dapat memilih pilihan layar yang tersedia yaitu Widescreen atau Standard.

Aplikasi ini berbayar, tetapi Anda dapat menggunakan free trial yang hasilnya memiliki watermark Wondershare di bagian tengah video.

b. Mengedit Video dengan Aplikasi HP

Tidak memiliki PC atau laptop, Anda masih tetap dapat mengedit video untuk diunggah ke YouTube. Saat ini banyak pilihan aplikasi yang bisa diunduh dari PlayStore ataupun App Store dan digunakan untuk mengedit, antara lain:

1. Kinemaster

KineMaster adalah salah satu aplikasi edit video dari HP yang difavoritkan. Di dalamnya terdapat berbagai fitur seperti kontrol kecepatan, menambah latar belakang suara, membuat beberapa layer video, transisi, terjemahan, dan efek filter.

Cara penggunaannya cukup mudah dan banyak tutorialnya di internet. Aplikasi ini dapat menghasilkan video hingga kualitas 4K 2160p pada 30FPS.

2. VivaVideo

VivaVideo memungkinkan Anda membuat video, memotong, mengedit, menggabungkan video dengan musik, dan menambahkan teks.

Pada versi gratisnya, aplikasi ini akan menampilkan watermark VivaVideo. Jadi, jika Anda ingin video terlihat lebih profesional tanpa watermark, disarankan menggunakan VivaVideo Pro yang berbayar.

3.  Power Director

Aplikasi PowerDirector dapat digunakan di hampir semua perangkat Android. Fiturnya sangat lengkap seperti, mengedit tingkat kecerahan, saturasi, dan kontras, mengombinasikan foto dan video dalam satu video, preview instan, memotong video, split, memutar video, serta menambahkan stiker.

Upload Video YouTube

upload-video-youtube

 

Setelah selesai proses edit, Anda dapat langsung mengunggah video ke YouTube.

Caranya, login ke YouTube, klik ikon gambar kamera video lalu pilih Upload Video. Pilih file video yang akan diunggah dengan menekan tombol Select File atau tarik fail yang akan diunggah ke jendela Upload.

Selain mengunggah video yang sudah ada, Anda pun dapat melakukan rekaman langsung dengan perangkat yang dihubungkan ke PC atau laptop dan merekam lewat webcam.

Tips Agar Banyak Subscriber

 

cara menambah subscriber youtube

Salah satu syarat utama mendatangkan uang dari YouTube adalah jumlah subscriber. Selain itu, banyak subscriber pastinya akan meningkatkan semangat Anda berkarya bukan?

Mendapatkan banyak subscriber memang bukan pekerjaan mudah. Meski konten Anda sangat keren, belum menjamin bisa mendapatkannya. Ada beberapa syarat agar subscriber Anda terus bertambah, yaitu:

1. Judul Video Harus Menarik

Buatlah judul yang menarik karena judul akan menentukan video Anda akan ditonton atau tidak. Sebelum membuat judul video, Anda perlu meriset kata kunci yang paling banyak dicari terkait konten video.

Kemudian, rangkailah kata-kata yang persuasif dan membuat penasaran. Video yang views-nya tinggi umumnya menggunakan judul memikat yang kerap dikenal dengan istilah click bait.

2. Mengangkat Peristiwa Viral

Peristiwa viral yang diceritakan atau disinggung kembali, bisa memicu viralitas pos konten video lainnya. Sebagai kreator YouTube, Anda perlu jeli melihat sebuah peristiwa viral dari berbagai sisi.

Contohnya, saat ini yang sedang banyak dibahas adalah peristiwa seorang pria yang berkeliling Ka’bah seorang diri. Anda yang menggarap niche Islami bisa mengangkat ini ke dalam konten dan membahasnya dengan menarik.

3. Video Unik

Video unik yang menabrak batas-batas kebiasaan pasti akan mencuri perhatian. Selain isi video, pemeran dalam video yang tak biasa juga terbilang unik.

Coba cek YouTube milik Ucup Klaten yang menampilkan Mbah Minto sebagai pemeran utama. Alih-alih menggaet gadis belia yang cantik untuk menggarap konten, YouTuber ini justru menggandeng nenek-nenek. Anda bisa lihat sendiri hasilnya.

4. Watermark

Watermark merupakan penanda kepemilikan video seorang kreator. Dengan adanya watermark, video tidak akan diambil oleh orang lain dan dibuat ulang. Watermark juga berfungsi sebagai identitas channel yang membuat penonton mengenali video buatan Anda.

5. Unggah Video Secara Konsisten

Agar tidak sepi subscriber, idealnya Anda mengunggah video seminggu sekali. Makin rajin Anda membuat video baru, kesempatan muncul pada hasil pencarian makin besar. Meski produktif menghasilkan video, tetap jangan lupakan kualitas supaya subscriber Anda tidak lari.

6. Promosi

Gunakan media sosial Anda seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk meningkatkan jumlah subscriber. Cara lainnya, Anda dapat berkomentar di channel YouTube lain yang ramai, lalu berikan informasi mengenai channel Anda.

Membuat Channel Youtube Yang Menghasilkan Uang

 

menghasilkan uang dari youtube

Setelah memiliki channel YouTube dengan banyak subscriber, Anda bisa menghasilkan uang dari sana. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan, yaitu:

1. Memasang Adsense

Cara yang paling umum dalam menghasilkan uang dari YouTube yaitu dengan Adsense. Channel yang telah terdaftar dengan Google Adsense akan disisipi iklan. Jika ada penonton yang mengeklik iklan tersebut, pemilik channel akan mendapatkan uang.

2. Jual Produk atau Jasa

Kedua, berjualan produk barang atau jasa dengan menggunakan channel YouTube Anda. Caranya Anda mengisi channel dengan konten-konten bermanfaat yang berhubungan dengan bisnis.

Misalnya, jika Anda memiliki jasa rental mobil, buatlah video-video tentang tips mengemudi, cara perawatan mobil, dan review jenis-jenis mobil tertentu.

3. Affiliate Marketing

Menjadi affiliate marketer berarti memasarkan produk kemudian mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menarik calon pembeli produk adalah melalui YouTube.

Anda dapat mengedukasi pasar menggunakan konten video, kemudian mengarahkan mereka ke tautan affiliate yang Anda miliki. Banyak produk yang dapat dipasarkan menggunakan affiliate seperti e-course, perangkat lunak, buku, dan suplemen kesehatan.

Nah, informasi di atas cukup lengkap bukan? Setelah membaca cara membuat channel YouTube di atas, langsung saja praktikkan semua tips dan tutorialnya.

Leave a Comment