Cara Mudah Membuat Google Form untuk Berbagai Keperluan

cara membuat google form

Apakah Anda sedang mencari cara membuat Google Form? Hampir semua orang yang ingin membuat formulir, kuesioner, survey, atau kuis secara online, pasti langsung terpikir tentang alat ini.

Google Form memang mampu menghasilkan dan menyebarkan formulir online bagi berbagai keperluan. Karena penggunaannya sangat luas, keterampilan menggunakan aplikasi tersebut bisa sangat membantu Anda. Dalam artikel ini akan dibahas cara membuat Google Form berikut contohnya. Mari pelajari di sini.

 

Apa dan Bagaimana Cara Membuat Google Form?

cara membuat form google
sumber : https://spiderman.trikinet.com

Google Form merupakan bagian dari alat aplikasi online milik Google yang dapat digunakan untuk membantu Anda mengumpulkan data secara gratis.

Pada tahun 2008, Google Form dimulai sebagai fitur penunjang Google Spreadsheet, dua tahun setelah Sheets diluncurkan. Cara kerjanya dengan menambahkan formulir pada Spreadsheet, kemudian diformat pada halaman terpisah. Tanggapan formulir sendiri dapat dilihat di lembar yang lain.

Secara bertahap, Google terus mengembangkan fitur tersebut sehingga menjadikannya aplikasi yang berdiri sendiri pada tahun 2016. Setelah itu, pengguna dapat membuat dan mengelola formulir serta membagikannya dari satu tempat saja.

Dengan Google Form, Anda dapat membuat pertanyaan kuesioner, formulir pendaftaran, dan jajak pendapat secara online. Data yang didapat kemudian bisa langsung dilihat dalam bentuk grafik ataupun diagram.

Mengenali Fungsi dan Manfaat dari Google Form

google form
https://scholarlyoa.com

Google Form sangat membantu dalam kegiatan pengumpulan data dan informasi. Apalagi platform ini bisa dijalankan dengan mudah dan tanpa biaya.

Menggunakan Google Form, banyak aktivitas yang terbantu seperti pendataan anggota, pengumpulan data, pendaftaran event, hingga pengumpulan suara secara online. Manfaat lain yang bisa didapat dari penggunaan alat ini yaitu:

1. Menghemat Waktu

Anda bisa mempersingkat waktu pengumpulan informasi yang dibutuhkan. Apalagi jika data-data yang harus dikumpulkan berasal dari sumber dengan jarak yang berjauhan. Maka cara ini sangat efektif.

Misalnya ketika Anda ingin membagi formulir pendaftaran anggota organisasi, biasanya butuh waktu berhari-hari sampai formulir kembali lagi.

2. Hemat Tenaga

Dibandingkan membagikan formulir atau kuesioner secara manual, melakukan semuanya secara online pasti jauh lebih hemat tenaga. Anda tidak harus berkeliling mengedarkan formulir atau meminta orang lain mengantarkannya.

3. Hemat Biaya

Salah satu manfaat lain dari Google Form ialah gratis. Karena semua dokumen dibagikan secara daring, Anda pun tidak perlu kehilangan biaya untuk mencetak.

4. Rekapitulasi Data Secara Otomatis

Melalui Google Form, data bisa dikumpulkan secara otomatis tanpa memerlukan aplikasi tambahan. Data yang masuk tersusun rapi sesuai dengan waktu pengiriman sehingga memudahkan proses rekapitulasi dan penyusunan data.

Bisa Digunakan untuk Apa Saja?

kuesioner google form
sumber : https://www.anakteknik.co.id

Google Form membuat berbagai tugas terkait mengumpulkan data menjadi lebih mudah dan praktis. Perangkat ini sangat membantu alam kehidupan sehari-hari. Hal yang dapat dikerjakan dengan bantuan aplikasi ini antara lain:

1. Membuat Survey

Bagi pebisnis, survey secara berkala kepada konsumen sangat penting untuk mengetahui pendapat mereka tentang layanan yang diberikan. Akan tetapi, biaya survey yang cukup besar membuat pelaku usaha kecil tak jarang enggan melakukannya.

Solusinya yaitu dengan menggunakan survey online melalui Google Form. Alat ini memungkinkan Anda menyebarkan form survey ke berbagai penjuru tempat tanpa batasan waktu dan lokasi. Survey juga dapat dilakukan oleh organisasi, toko daring, atau usaha jasa.

2. Mengumpulkan Data

Perlu mengumpulkan data dalam waktu singkat dari ribuan orang, Anda tidak perlu khawatir. Buat saja formulir dengan Google form yang berisi kolom-kolom informasi yang ingin didapatkan seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, nomor anggota, dan nomor telepon.

3. Kuesioner

Google Form saat ini menjadi alat yang begitu populer di kalangan mahasiswa karena dapat digunakan untuk membuat dan menyebarkan kuesioner dengan cepat. Formatnya pun bisa didesain sesuai keperluan dan tampilannya juga bisa dibuat lebih menarik agar responden mau mengisinya.

4. Ujian Online

Guru atau dosen bisa memanfaatkan Google Form untuk membuat kuis atau ujian online. Cara ini sangat praktis karena tidak memerlukan banyak kertas. Setelah soal disiapkan tinggal bagikan kepada siswa untuk diisi. Hasil ujian pun bisa keluar lebih cepat dan rapi.

5. Aplikasi Lamaran Kerja

Jika Anda seorang pemilik usaha atau personalia, Google Form bisa membantu merekrut calon karyawan. Dengan formulir daring Anda dapat mengumpulkan data para pelamar dan menyeleksinya dengan mudah. Banyak perusahaan, instansi pemerintah, dan organisasi yang telah menggunakan cara ini.

6. Membuat Undangan RSVP

RSVP sangat penting untuk memastikan orang yang diundang datang ke acara Anda. Dengan demikian bisa mengatur jumlah kursi dan konsumsi yang harus disediakan. Google Form dapat memudahkan Anda mengonfirmasi tamu undangan tanpa harus menghubungi mereka satu per satu.

7. Pendaftaran Acara

Menggelar acara berskala besar, Anda tidak perlu lagi bingung bagaimana mengatur calon peserta untuk mendaftar. Jika pendaftar mendaftar melalui SMS atau aplikasi pesan, pastinya Anda masih harus menginput data. Namun, menggunakan Google Form, data peserta bisa langsung masuk dan dihitung secara otomatis.

Bagaimana Cara Membuat Google Form?

cara membuat google form excel
sumber : https://ponselku.id

Cara membuat Google Form sangat mudah. Namun, sebelumnya Anda harus membuat akun Google. Setelahnya Anda dapat membuatnya menggunakan PC/laptop atau aplikasi pada HP Anda.

1. Cara Membuat Google Forms di Laptop/PC

Cara membuat Google Form di laptop yaitu:

  1. Buka browser, kemudian masuk ke Google Drive menggunakan akun Google Anda.
  2. Setelah itu, klik Drive, kemudian My Drive, More, lalu Google Form.
  3. Selanjutnya akan muncul tampilan Google Form dengan format default.
  4. Ganti judul form dari Untitled ke judul yang Anda inginkan.
  5. Isi butir-butir yang ingin Anda tanyakan seperti nama, alamat, dan pekerjaan. Klik Required jika bagian tersebut wajib diisi.
  6. Untuk menambahkan pertanyaan, klik lingkaran dengan tanda plus di dalamnya pada baris menu sebelah kanan.
  7. Apabila jawaban berupa pilihan, klik Multiple Choice, lalu isikan pilihan jawabannya.
  8. Jika merasa pertanyaan sudah cukup, lihat Preview sebelum link disebarkan.
  9. Sesudahnya, akan muncul jendela berisi URL form tersebut. Anda bisa menyalin URL tersebut untuk disebarkan.

2. Cara Membuat Google Form Di HP

Tidak memiliki PC atau laptop bukan hambatan. Soalnya, ada cara membuat Google Form dari smartphone. Asalkan sambungan internet lancar, Anda bisa membuatnya dengan mudah melalui langkah-langkah berikut:

  1. Instal aplikasi khusus untuk membuatnya yaitu FormsApp for Google Form.
  2. Setelah terpasang, buka aplikasinya lalu login menggunakan akun Gmail Anda.
  3. Sentuh ikon tanda + pada sudut kanan bawah untuk membuat formulir baru yang kosong. Bisa juga dengan memilih template yang tersedia.
  4. Buat judul dan deskripsi formulir, tekan ikon + untuk menambahkan pertanyaan dan tipe respons yang Anda inginkan.
  5. Setelah selesai, klik Submit.
  6. Langkah terakhir, bagikan tautan formulir Anda dengan cara salin link lalu sebarkan kepada responden.

Untuk smartphone Android, biasanya telah tersedia aplikasi Google Drive yang juga dapat Anda manfaatkan untuk membuat Google Form. Jika tidak ingin menginstal aplikasi baru, cara membuat Google Form dapat dilakukan melalui peramban pada ponsel Anda.

Tutorial Lengkap Cara Membuat Google Form dan Penggunaannya

google form dan penggunannya

Setelah membaca berbagai kegunaannya, tentu kini Anda bertanya bagaimana cara membuat Google Form untuk bermacam keperluan. Berikut ini sudah disediakan tutorial lengkapnya.

1. Membuat Kuesioner

cara membuat kuesioner di google form

Langkah-langkah membuat kuesioner di Google Form:

  1. Buka browser Anda pada laptop, PC, atau smartphone.
  2. Masuk ke link ini https://docs.google.com/forms/
  3. Jika sebelumnya sudah log in ke akun Google, Anda bisa melihat tampilan awal Form.
  4. Tekan tanda (+) di sebelah kiri atas untuk memulai dengan dokumen kosong.
  5. Ganti tulisan Untitled Form di bagian atas dengan judul yang Anda inginkan.
  6. Pada bagian Untitled Question, tambahkan pertanyaan Anda.
  7. Tentukan jenis jawaban pada bagian Multiple Question.
  8. Jika sudah selesai memasukkan semua pertanyaan, klik simbol segitiga atau Send di bagian kanan atas.
  9. Selanjutnya akan muncul kotak dialog berisi pilihan membagikan tautan dari formulir Anda.

Anda dapat membagikan kuesioner secara langsung ke email responden ataupun menyalin tautan kemudian mengirimkan ke grup dan personal.

2. Membuat Soal

cara membuat soal di google form

Bagi guru dan dosen, Google Form bisa dimanfaatkan untuk membuat soal test atau ujian dengan cara sebagai berikut:

  1. Masuk ke https://drive.google.com/drive/my-drive dari browser
  2. Klik tombol + New, kemudian klik More.
  3. Pilih Google Forms.
  4. Masukkan judul soal, kemudian pilih Setting di pojok kanan atas.
  5. Aktifkan fitur Quizzes.
  6. Ketik soal sesuai kebutuhan Anda.

3. Cara Membuat Soal Essay

Membuat soal dengan pilihan jawaban essay hampir sama caranya dengan tutorial di atas yaitu:

  1. Mulai dengan membuka browser lalu masuk ke https://drive.google.com
  2. Klik tanda + New di bagian kiri atas, lalu ke Google Form.
  3. Ganti judul pada bagian Untitled Form.
  4. Masukkan pertanyaan Anda.
  5. Pada bagian Multiple Choice, pilih Paragraph
  6. Untuk menambahkan pertanyaan, klik tanda + di dalam lingkaran pada pojok kiri bawah.

4. Cara Membuat Soal Pilihan Ganda

Dengan Google Form, Anda dapat membuat soal pilihan ganda dengan cara berikut:

  1. Masuk ke laman Google Form https://docs.google.com/forms/ melalui peramban Anda.
  2. Edit judul soal Anda dengan mengganti Untitled Form
  3. Masukkan pertanyaan, kemudian pilih tipe jawaban di sampingnya.
  4. Biasanya secara default sudah menjadi Multiple Choice, sehingga Anda tidak perlu mengubahnya.
  5. Masukkan pilihan jawaban di bawah soal.
  6. Lanjutkan membuat soal berikutnya dengan menekan tanda (+) di pojok kiri bawah.
  7. Simpan dan bagikan soal Anda.

5. Membuat Survey

Membuat survey online dengan Google Form sangat mudah. Setelah Anda menyiapkan kerangka survey, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs Google Form pada browser yaitu forms.google.com.
  2. Isi judul survey, tipe, dan jenis jawaban.
  3. Jika ingin tampilan lebih menarik, klik Customize Theme. Di sini Anda dapat mengganti gambar header, warna latar, dan jenis huruf.
  4. Masukkan semua pertanyaan yang ingin Anda masukkan.
  5. Setelah selesai, simpan dan bagikan.

6. Cara Membuat Angket

Buat angket di Google Form dengan cara berikut:

  1. Masuk ke forms.google.com dari browser
  2. Pilih dokumen kosong bertanda + dengan background
  3. Isi judul dan deskripsi angket Anda.
  4. Tambahkan pertanyaan pada bagian Untitled Question.
  5. Masukkan opsi jawaban seperti, Ya, Tidak, atau Mungkin untuk jawaban berupa pilihan ganda.
  6. Jika ingin jawaban berupa uraian, ambil pilihan Short Answer atau Paragraph.

7. Cara Membuat Kuis

cara membuat kuis di google form

Google Form menyediakan fitur khusus untuk membuat kuis dengan mudah, caranya yaitu:

  1. Masuk ke laman Google Form.
  2. Klik simbol tiga titik di bagian kanan atas, pilih Setting.
  3. Pilih opsi Quizzes, lalu aktifkan fitur Make this a quiz.
  4. Untuk pengumpulan via email, aktifkan Later after manual review, jika ingin hasil otomatis keluar, pilih Immediately after each submission.
  5. Simpan pengaturan Anda.
  6. Edit judul Kuis pada Untitled Form.
  7. Tambahkan pertanyaan Anda beserta pilihan jawaban.
  8. Setelah selesai, Anda dapat melihat pratinjau pada bagian titik tiga, pilih Preview.
  9. Apabila dirasa sudah pas, simpan dan sebarkan link Anda.

8. Google Form Excel

Cara membuat Google Form Excel yaitu:

  1. Masuk ke One Drive melalui tautan https://onedrive.live.com.
  2. Login, lalu pilih opsi Baru > Survei Excel.
  3. Setelah itu, lembar kerja terbuka. Isilah sesuai dengan kebutuhan, mulai dari judul, deskripsi, hingga pertanyaan.
  4. Jika sudah, klik Selesai – Simpan, dan tampilkan.
  5. Anda dapat melihat pratinjau formulir tersebut ataupun langsung membagikannya.

9. Membuat Tabel

Tutorial terakhir yaitu membuat tabel pada Google Docs. Caranya yaitu:

  1. Buka dokumen baru pada Google Docs atau pilih dokumen lama yang ingin disisipi tabel.
  2. Klik menu Insert – Tabel, tentukan ukuran yang Anda inginkan.
  3. Setelah itu akan muncul tabel dengan bentuk sesuai pengaturan yang Anda buat.

Membuat Tampilan Google Form yang Bagus dan Lebih Menarik

cara membuat google form yang menarik

Google Form dapat diedit sedemikian rupa agar tampilannya lebih menarik. Caranya yaitu:

  1. Masuk ke Form yang telah Anda buat, klik ikon palet di bagian kanan atas ketika disorot akan muncul tulisan Customize Theme.
  2. Untuk mengganti sampul form, klik Choose Image di bawah Header.

cara membuat google form yang bagus

 

  1. Setelah itu, pilih gambar yang tersedia atau upload dari galeri Anda.
  2. Pilih warna tema sesuai keinginan di bagian Theme Color
  3. Ganti jenis huruf pada bagian Font Style.
  4. Setelah selesai, klik Apply.
  5. Agar tampilannya lebih menarik lagi, Anda dapat menambahkan video dan foto pada form Anda.

contoh header

Gambar untuk header yang mendukung ialah ukuran 1.600 x 400 px. Jika Anda memasukkan gambar berukuran lebih besar, secara otomatis akan muncul area batas yang bisa dipindahkan atau diatur tampilan gambar header Anda seperti di bawah ini.

header google form

1. Cara Mengedit Google Form

Setelah mengetahui cara membuat Google Form, tidak menutup kemungkinan Anda ingin melakukan perubahan-perubahan. Anda bisa mengedit Google Form yang telah dibuat dengan cara:

  1. Klik Add Question apabila Anda ingin menambahkan pertanyaan.
  2. Untuk menyalin pertanyaan, klik Duplicate.
  3. Anda juga dapat mengedit pertanyaan atau pilihan jawaban yang sebelumnya sudah dibuat.
  4. Setelah selesai, klik simbol pesawat kertas di bagian kanan atas di samping gambar palet, untuk mengirim.

Setelah diedit, tautan yang sebelumnya tidak akan berubah. Anda pun tidak perlu mengirimkan tautan lagi kepada orang atau grup yang sama karena isi formulir bakal berubah secara otomatis.

2. Cara Mengubah Tautan Google Form

cara membuat link google form menjadi bit.ly

Tautan asli dari Google Form biasanya panjang dan sulit diingat. Oleh sebab itu, Anda perlu memendekkan link menggunakan tool khusus seperti Bitly.

Cara meringkas link di Bitly yaitu:

  1. Masuk ke laman https://bitly.com/
  2. Bagi pengguna pertama kali, harus mendaftar dulu dengan klik Sign Up lalu masukkan email Anda.
  3. Setelah itu Sign In ke dalam web Bitly kembali.
  4. Kemudian klik Create
  5. Masukkan tautan yang sudah Anda salin pada kolom Paste Long URL. Klik Create di bagian bawah.

cara mengedit link google form menjadi bit.ly

  1. Pada bagian Title, masukkan judul dokumen.
  2. Ganti dengan kata-kata yang mudah diingat pada bagian Customize Backhalf, di belakang bit.ly/.
  3. Jika sudah, klik Save di bagian bawah.
  4. Apabila muncul notifikasi Error, ganti dengan kata kunci lainnya sampai muncul notifikasi Link Has been edited di layar.
  5. Copy dan sebarkan.

3. Cara Share Google Form

cara share google form

Setelah dibuat, Anda memiliki opsi membagikan form melalui email, tautan, atau embed untuk website. Jika ingin membagi lewat e-mail, pilih ikon amplop lalu masukkan alamat yang ingin Anda kirimi tautan ke formulir.

Untuk membagikan link, tekan ikon rantai, lalu Copy, dan bagikan melalui group WhatsApp atau media sosial Anda.

Bisakah Menutup Akun Google Form?

menutup akun google form

Kuesioner dan survey biasanya dilakukan dalam waktu terbatas. Maka, setelah jangka waktu tertentu jawaban sudah tidak diperlukan. Oleh karena itu, Anda harus menutup kanal respons Google Form yang telah dibuat.

Caranya yaitu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Google Drive di tautan ini https://drive.google.com/drive/my-drive, kemudian pilih Form yang ingin Anda hapus.
  2. Pilih Responses.

response google form

  1. Non-aktifkan Accepting Responses. Setelah dimatikan, tulisannya akan berubah menjadi “Not accepting responses”.

Kelebihan dan Kekurangan Google Form

kelebihan dan kekurangan google form

Sejak diperkenalkan kepada pengguna, Google selalu meningkatkan fungsi dan fitur-fitur pada Google Form. Hasilnya, penggunaan alat ini pun meluas dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Salah satu hal yang membuat Google Form disukai yaitu dapat digunakan secara gratis. Dengan alat ini, siapa pun dapat menjalankan tugas dengan lebih efisien, seperti guru, dosen, mahasiswa, peneliti, event organizer, hingga perorangan.

Sebagai perangkat yang disediakan dan dapat digunakan tanpa biaya, tentu Google Form memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Kelebihan Google Form

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Google Form kepada penggunanya yaitu:

  1. Mudah digunakan. Google Form sangat ramah pengguna, terutama pemula. Mulai dari cara membuat akun hingga menggunakannya, semua bisa dilakukan oleh siapa saja. Selama Anda cermat melihat menu-menu yang tersedia, menggunakan aplikasi ini sangat menyenangkan.
  2. Layanan Google Form bisa dimanfaatkan secara gratis sehingga Anda bisa lebih hemat biaya. Tanpa perlu membeli aplikasi tersendiri, Anda bisa menghasilkan formulir dengan mudah dan cepat.
  3. Programnya ringan. Berbeda dengan program lainnya, Google Form termasuk ringan. Anda pun bisa menggunakan perangkat dengan spesifikasi rendah tanpa gangguan.
  4. Dapat dibagikan. Keunggulan lain Google Form yaitu mudah dibagikan ke platform lainnya sehingga orang lain bisa mengisi kuesioner atau kuis dari perangkat masing-masing.
  5. Fiturnya lengkap. Google Form memiliki sejumlah fitur yang dapat mempermudah Anda menjalankan tugas seperti template, pengaturan tampilan, dan SpreadSheets. Fitur SpreadSheets memungkinkan Anda melihat tanggapan survey yang sudah dikumpulkan pada formulir secara rapi dan otomatis.

2. Kekurangan Google Form

Di balik banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh Google Form, ada beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan yaitu:

  1. Tidak dapat digunakan pada forum diskusi online. Jika bisa digunakan di forum, pasti pengisian formulir bisa lebih baik dan lebih interaktif.
  2. Google Form juga tidak mendukung equation secara langsung sehingga untuk memasukkan soal dan jawaban matematika yang memerlukan simbol cukup merepotkan.

Itulah penjelasan lengkap tentang salah satu produk unggulan Google, mulai dari pengenalan hingga cara membuat Google Form untuk berbagai keperluan.

Leave a Comment